Tuesday, March 5, 2013

SEJARAH GUITAR GIBSON



Spoiler for orville gibson:


cikal bakal gitar gibson
Orville Gibson (lahir 1856, Chateaugay, New York) mulai membuat mandolin di Kalamazoo, Michigan, Amerika Serikat. Muak dari bentuk, Orville Gibson menganggap mereka sebagai “bug potato”.Gibson inovasi membuat khas, yang terdengar lebih gelap mandolin yang lebih mudah untuk memproduksi dalam jumlah besar. Orville Gibson’s mandolin desain, dengan satu sisi yang diukir pieced dan satu-pieced leher, dipatenkan pada 1898; itu akan menjadi satu-satunya inovasi yang dipatenkan. Orville Gibson meninggal pada tahun 1918
1902-1950
Pada tahun 1902, Gibson Mandolin-Guitar Mfg Co, Ltd didirikan untuk memasarkan instrumen.Awalnya, perusahaan hanya memproduksi Orville Gibson desain aslinya. Menyadari perubahan tren, perusahaan mempekerjakan desainer Lloyd Loar pada 1919 untuk menciptakan instrumen baru. Selama tahun 1920-an Gibson bertanggung jawab atas banyak inovasi dalam desain gitar dan mandolin.
Pada tahun 1922, Gibson model mandolin F5 diperkenalkan. Model khusus yang kemudian dikenal sebagai yang paling bluegrass mandolin. Gibson segera menjadi produsen terkemuka archtop gitar, terutama model L-5, juga desain Loar. Loar meninggalkan perusahaan pada tahun 1924.
Pada tahun 1930, Gibson mulai mengeksplorasi konsep gitar listrik. Pada tahun 1936 mereka memperkenalkan pertama mereka “Electric Spanish” model, ES-150. Perusahaan lain yang memproduksi gitar listrik tapi Gibson umumnya diakui sebagai yang pertama yang sukses secara komersial gitar listrik. Instrumen lain juga; seperti steel guitar, banjo dan mandolin.
Spoiler for es-150:
Selama Perang Dunia II, pada dasarnya manufaktur instrumen berhenti di Gibson karena kekurangan kayu dan logam. Hanya beberapa instrumen dibuat dengan bagian mana pun berada di tangan. Gibson malah melakukan melakukan produksi untuk keperluan perang, membuat bagian-bagian kayu untuk berbagai kebutuhan militer. Kekurangan seperti itu terus selama beberapa tahun setelah perang dan satu-satunya perubahan penting terjadi pada tahun 1946 ketika nama Gibson di headstock instrumen berubah dari kursif skrip ke blok style yang digunakan untuk hari ini. Ini terlihat di kepala blok informasi di atas.
Spoiler for es-175:
ES-175 diperkenalkan pada tahun 1949. Model ini melihat beberapa variasi selama bertahun-tahun tetapi masih dalam produksi.
Spoiler for ted:
Gibson dan Ted McCarty 
Pada tahun 1948, Gibson menyewa veteran di industri musik, Ted McCarty. Ia dipromosikan menjadi direktur perusahaan pada 1950. Selama masa jabatannya (1950-1966), Gibson sangat diperluas dan diversifikasi lini instrumen. Selain penting pertama adalah “Les Paul” gitar.McCarty sangat menyadari penjualan yang kuat dari Fender Telecaster. Pada tahun 1950, Gibson memutuskan untuk membuat sebuah benda padat gitar sendiri sesuai dengan filosofi desain sendiri. Ini, meskipun kenyataannya banyak pabrik-pabrik gitar lain menghina konsep yang solid-body gitar. Dirancang oleh gitaris Les Paul, benda padat pertama gitar, yang disebut “Les Paul”, dirilis pada tahun 1952. The “Les Paul” ini ditawarkan dalam beberapa model, termasuk Custom, Standar, Khusus dan Junior.
Spoiler for les paul:

Pada pertengahan-50s, yang seri Thinline diproduksi. Banyak gitaris tidak menyukai sebagian besar ukuran penuh dan ingin archtop gitar yang lebih tipis. Pertama diproduksi adalah Byrdland. Byrdlands pertama ramping, custom built, L-5 model untuk gitaris Billy Byrd dan Hank Garland. Kemudian, leher yang lebih pendek telah ditambahkan. Gitaris lain yang mencoba sampel Gibson menyukai gagasan dan model masuk produksi. Model-model lain seperti ES-350T dan ES-225T diperkenalkan sebagai alternatif yang lebih murah.
Spoiler for es thinline:
Pada tahun 1958, Gibson memperkenalkan model ES-335T. Serupa dalam ukuran tubuh yang hollow bodies-Thinlines, ES-335 keluarga memiliki pusat solid memberikan string nada yang lebih sustain.
Pada akhir 50-an, McCarty menyadari Gibson dianggap sebagai “konservatif” perusahaan, umumnya membuat instrumen berbentuk tradisional. Dia memutuskan untuk mengubah hal itu.Pada tahun 1958, Gibson menghasilkan dua desain baru; yang eksentrik berbentuk Explorer dan Flying V. Anehnya, para “modern” tidak menjual gitar awalnya. Hanya pada akhir 60-an dan awal 70-an ketika dua gitar itu diperkenalkan kembali ke pasar bahwa mereka menjual dengan sangat baik. The Firebird, pada awal tahun 60-an, adalah seorang Reprise dari ide modern, meskipun tidak terlalu ekstrem.
Pada tahun 1950, Gibson juga menghasilkan Tune-o-matic sistem jembatan dan versi pickup humbucking.
Spoiler for flying v & explorer:
Pada tahun 1961 desain body yang “Les Paul” diubah, karena permintaan cutaway ganda pada desain body. Les Paul tidak peduli gaya body yang baru dan membiarkan penyimpangan dukungan, dan desain tubuh yang baru kemudian menjadi dikenal sebagai SG (Solid Guitar). The “Les Paul” kembali ke katalog Gibson pada tahun 1968 karena pengaruh pemain seperti Keith Richards, Eric Clapton dan Peter Green. Baik “Les Paul” dan DC kemudian menjadi sangat populer dengan hard rock dan heavy metal gitaris, Jimmy Page dari Led Zeppelin, memimpin kembar-line-up Scott Gorham dan Brian Robertson dari Thin Lizzy, Duane Allman, Slash Guns N ‘Roses dan Velvet Revolver, dan Ace Frehley dari Kiss dikenal karena preferensi mereka untuk Les Paul. Pete Townshend dari The Who, Angus Young dari AC / DC, Frank Zappa of Mothers of Invention, Adrian Smith dari Iron Maiden, Robby Krieger dari The Doors dan Tony Iommi of Black Sabbath adalah sebagian dari SG lebih terkenal pemain.
Spoiler for SG:
70-an – sekarang
Antara tahun 1974 dan 1984 produksi gitar Gibson itu bergeser dari Kalamazoo ke Nashville, Tennessee. Gibson Guitar Corp adalah dalam waktu tiga minggu keluar dari bisnis sebelum dibeli oleh Henry E. Juszkiewicz, David H. Berryman, dan Gary A. Zebrowski pada Januari 1986. Kelangsungan hidup dan keberhasilan saat ini adalah sebagian besar Gibsondisebabkan oleh perubahan dalam kepemilikan. Saat ini, Juszkiewicz berdiri sebagai CEO dan Berryman sebagai presiden perusahaan. Baru-baru ini pabrik produksi baru telah dibuka di Selatan dan daerah pedesaan, seperti Memphis, Tennessee serta Bozeman, Montana. Fasilitas Memphis digunakan untuk semi-kosong dan toko adat instrumen, sedangkan fasilitas Bozeman didedikasikan untuk instrumen akustik.
Pada 1994, CEO Henry Juszkiewicz Gibson pertama kali mendengar tentang program SmartWood saat menghadiri Rainforest Alliance konser gala tahunan. Dia beralasan bahwa, dengan menjalin hubungan dengan lingkungan operasi berpandangan jauh, Gibson bisa mengamankan pasokan kayu yang berkelanjutan, sehingga memastikan bangunan yang gitar masa depan.
Empat tahun kemudian (1998), Gibson telah mengungkapkan buah dari hubungan-hubungan dengan Les Paul SmartWood Exotics. Baris baru terdiri dari enam gitar yang menampilkan gaya puncak dari biasa, “rapi” hutan tropis dipanen. Setiap gitar terdaftar untuk $ 1.299 baru, dan dalam semangat filantropi, Gibson menyumbangkan sebagian dari keuntungan dari penjualan gitar SmartWood Rainforest Alliance.
Spoiler for robot guitar:
Saat ini, salah satu model gitar Gibson (Robot Guitar) dapat menyesuaikan diri dalam waktu kurang dari 10 detik dengan menggunakan teknologi robot yang dikembangkan oleh Gibson dan Tronical GmbH. Sementara produk tersebut diiklankan di Amerika-Amerika Serikat-populer pers sebagai yang “pertama di dunia” yang sama-beberapa sistem eksternal telah digunakan selama puluhan tahun misalnya untuk nada gitar yang dibuat oleh Fender Musical Instruments Corporation dan Washburn Guitars.
Spoiler for slash:
Sejak 2007, Gibson Guitar Corporation telah bekerja sama dengan Music Saves Lives dan menyumbangkan beberapa gitar yang akan dirancang oleh berbagai seniman (Mike Onclay, Ryan Seaman, Cory Burke, Josh Kenyon, Colby Nichols, Andrew Holder, Sara Antoinette Martin), yang ditandatangani oleh band-band (Bad Religion, jennyvate, dan Coheed Cambria, Reel Big Fish, NOFX, Bouncing Souls, Thrice, Katy Perry, Meg dan Dia, Jack’s Mannequin) dan kemudian dilelang untuk mendukung non-profit.
Spoiler for jimmy page:
Pada pertengahan 2009 setelah beberapa gibsons PHK yang mengurangi tenaga kerja oleh hampir 20%, desas-desus berputar-putar di industri musik yang Peavey sedang dalam pembicaraan untuk membeli Gibson. Desas-desus sejak ditolak oleh Henry Juszkiewicz, tetapi terus Gibson akan terpengaruh oleh penurunan ekonomi tahun 2009, serta keluhan pelanggan, banyak dipertanyakan praktik bisnis, dan kegagalan dari banyak model-model baru termasuk Darkfire, Reverse V, dan banyak lainnya.

No comments:

Post a Comment